Cari Blog Ini

Memuat...

Cegah Penyebab Menopause Dini

Written By Aulia Wirastuti on Kamis, 10 Mei 2012 | 06.32

Menopause dini dan pasangannya yaitu Prematur Menopause, sebenarnya adalah dua hal berbeda, tetapi seringkali dianggap sama, yaitu menopause sebelum waktu normalnya. Istilah-istilah ini bergantung pada usia wanita yang mengalaminya, jika menopause terjadi sebelum usia 45, itu dianggap menopause dini, jika menopause terjadi sebelum usia 40 itu dianggap sebagai menopause prematur.


Alpokat.com
Bukan hanya bagaimana menghadapi menopause termasuk juga menopause dini dan menopause premature, yang perlu kita tahu, tetapi juga cara – cara yang masih bisa kita lakukan untuk mencegah sebab – sebab terjadinya menopause dini menghampiri kita, para wanita muda.

Oke sekarang kita mulai bahas dulu, apa sih sebab terjadinya menopuase dini dan premature menopause, juga wanita usia berapakah yang menjadi target sasaran korban menopause macam ini? Tenang.... kita akan bahas garis besar aja supaya gak bosen baca, tapi mengena apa yang dimaksudkan oleh laman ini.... hehehhe


Kita akan bahas sedikit mengenai kondisi yang menyebabkan terjadinya menopause dini atau prematur menopause yaitu ;

POF - Kegagalan Ovarium secara Prematur

Sering dikenal dengan kegagalan ovarian prematur. Hal ini merupakan kondisi indung telur yang tidak dapat berfungsi dengan normal. Maksudnya adalah indung telur tidak dapat lagi memproduksi sel telur atau juga hormon - hormon yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi.
Waduwww..... bagaimana POF bisa terjadi tuhh??? Bisa disebabkan karena beberapa hal, pertama adalah terjadinya AUTOIMUN, autoimun merupakan kondisi yang melihat bahwa dirinya adalah penyerang sehingga memproduksi dan mengembangkan antibodi sebagai proteksi dan penghancur sel – sel yang diproduksi oleh dirinya sendiri, penyerangannya termasuk pada ovarium dan menstruasi wanita.
Faktor genetik juga dapat menyebabkan terjadinya POF.

Menopause akibat Pembedahan

Pembedahan yang dilakukan untuk alasan kesehatan yang dialami oleh si penderita akibat endometriosis , polip, atau kanker ovarium. Sehingga penderita harus menjalani histerektomi (pengangkatan rahim, saluran telur, dan bahkan mungkin juga indung telur) atau oopherectomy (pengangkatan ovarium). Pembedahan ini sangat mengerikan karena dilakukannya pemotongan fungsi ovarium dan menjadi penyebab kadar estrogen menurun secara mendadak . Akibatnya, membuat wanita penderita itu mau tidak mau harus menjadi menopause sebelum waktunya.

Menopause dikarenakan adanya Terapi Kanker

Menopause dini atau premature menopause juga dapat disebabkan oleh tindakan pengobatan kanker melalui radiasi atau pun kemoterapi. Tindakan medis ini bertujuan membunuh sel – sel kanker tetapi dapat berakibat buruk pada sel – sel yang masih sehat juga ikut terbunuh, dalam hal ini termasuk juga sel-sel pencernaan, sel ovarium, dan sel-sel rambut,  sangat beresiko terbunuh akibat tindakan radiasi maupun kemoterapi yang dijalani oleh si penderita.

obatkista.com

Infeksi

Menopause dini maupun premature menopause dapat diakibatkan adanya virus atau bakteri jenis tertentu yang menyebabkan terjadinya infeksi juga dapat mmebuat wanita memasuki masa menopause lebih cepat dari seharusnya. Jenis Infeksi seperti gondok dan TBC dapat berpengaruh pada ovarium, yang berpengaruh pada keseimbangan hormon. Meskipun hal ini jarang terjadi.

Penyebab menopause dini dan prematur menopause hampir keseluruhannya dapat dilakukan tindakan preventif, mungkin kecuali genetik. Meskipun tidak pernah menutup kemungkinan, menopause yang diakibatkan faktor genetik pun dapat tercegah. Dengan meningkatkan kekebalan tubuh kita, menjaga keharmonisan sistem tubuh kita yang berawal dari gaya hidup sehat apa saja yang harus dikonsumsi yang dibutuhkan oleh tubuh bukan apa yang diinginkan lidah kita. Membawa kita pada suatu kondisi yang stabil dimana tidak perlu terjadinya autoimun dalam tubuh, tidak perlu terjadinya kanker atau mungkin infeksi yang berdampak buruk pada organ reproduksi kita yang diciptakan Tuhan sebagai wanita.

Kawan...... ketika kondisi tidak seimbang atau harmonis dalam tubuh, memungkinkan tubuh kita mengalami gangguan tubuh mulai dari gangguan kecil yang terus dapat meningkat menjadi gangguan yang serius.

Keharmonisan dapat tercapai jika kita menerapkan pola hidup yang seimbang, dalam hal ini Bangsa China mengenal istilah Yin dan Yang yang harus seimbang dan harmonis. Karena pada dasarnya tubuh kita dapat menyembuhkan dirinya sendiri, jika prosesnya berjalan secara harmonis. Pola asupan makan, pola pemikiran, pola hidup sehari – hari menentukan keseimbangan yang dibutuhkan tubuh kita untuk dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Salah satu contoh jika tubuh kita kekurangan salah satu zat yang dibutuhkannya untuk dapat menjalankan fungsi – fungsi organ secara normal. Yaitu jika tubuh kekurangan kalsium, penyakit apa saja yang bisa ditimbulkan jika tubuh kekurangan kalsium? Sebagian besar dari kita mungkin akan menjawab “Osteophorosis”, itu adalah jawaban yang benar, tetapi kekurangan kalsium tidak hanya berakibat pada masalah tulang semata tapi juga berakibat penyakit pada organ tubuh lainnya yaitu :

sumber : katamanis.com
Minuman Sehat, sumber : katamanis.com
1. Pertumbuhan tulang
2. Kanker payudara
3. Cardiovaskular disease
4. Katarak
5. Liver
6. Kanker usus
7. Sembelit
8. Diabetes
9. Epilepsi
10. Abromyalgia Syndrome
11. Asam Urat
12. Sakit kepala
13. Serangan jantung
14. Hepatitis
15. Hiperaktif
16. Insomnia
17. Batu ginjal
18. Lupus
19. Menopause dini
20. Migrain, etc

Upsss... segitu banyaknya kah akibat kekurangan kalsium??? Ya, benar, itu pun hanya sebagian contoh saja. Karena komposisi kebutuhan kalsium oleh tubuh kita adalah 99% diserap tulang dan 1% digunakan oleh darah yang akhirnya masuk ke organ – organ tubuh vital kita yaitu untuk membantu pembentukan energi, membantu pembuahan, transmisi impuls syaraf, membantu keseimbangan kadar asam, mengatur ritme detak jantung, mengaktifkan sistem pertahanan tubuh, stimulasi gerak otot dan pertumbuhan, dan mendukung fungsi membran sel untuk menyeimbangkan pertukaran zat dan sel, serta melindungi sel.

Itu contoh jika tubuh kekurangan kalsium, padahal tubuh kita tidak hanya membutuhkan kalsium saja, tetapi juga zat besi, zat seng, beberapa asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri, dan sebagainya.

So.... kunci jawabannya untuk mencegah penyebab Menopause dini maupun Prematur menopause datang kepada kita adalah menjaga keseimbangan dan keharmonisan tubuh. Memperlakukan tubuh kita bukan secara parsial tetapi sebagai satu kesatuan yaitu secara integral. Seringkali pengobatan medis memperlakukan tubuh manusia secara parsial yaitu mengobati bagian yang sakit saja, bukan mencari penyebab paling utama kenapa penyakit itu timbul dalam tubuh manusia itu. Karena, ketika kita memperlakukan tubuh secara integral bukan parsial, maka tubuh akan sangat mudah beradaptasi dan mampu menjaga serta menyembuhkan dirinya sendiri.

Cari sebab utama bukan terfokus hanya pada apa yang sakit, karena Tuhan menciptakan organ – organ tubuh kita secara satu kesatuan, demikian juga dengan cara kerjanya, ketika muncul suatu penyakit pada organ tertentu, seringkali sebab utamanya bukan pada organ yang sakit itu tetapi terjadinya infeksi atau gangguan pada salah satu organ lainnya, karena kerja dan fungsi satu organ dengan organ lainnya adalah secara bersinergi. Secara otomatis jika terjadi masalah pada salah satu organ, akan mempengaruhi kerja organ –organ lainnya. Dan terkadang, gejala sakit yang timbul bukan pada organ utama yang bermasalah itu sendiri, tetapi pada organ lain, itulah sebabnya mengapa terkadang kita menjumpai salah diagnosa.
so..... Mari kita cegah Penyebab Menopause Dini atau Premature Menopause

Salam Sehat Indonesia
sumber :

http://www.earlymenopause.org.au
Copyright© 2012 epigee.org. http://www.epigee.org
WebMD Medical Reference. http://www.webmd.com
http://womenshealth.gov/menopause
http://www.medicinenet.com/premature_menopause/article.htm
http://www.calciuminfo.com
http://www.tiens.com

4 komentar: